Pengertian dan Kegiatan Layanan Sirkulasi Perpustakaan


Pengertian Layanan Sirkulasi Perpustakaan

Kata sirkulasi berasal dari bahasa Inggris circulation yang berarti perputaran atau peredaran. Dalam ilmu perpustakaan, sirkulasi sering disebut sebagai bagian peminjaman, yaitu suatu pekerjaan, tugas, kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh pemakai perpustakaan. 

Dengan pengertian tersebut dapat dipahami bahwa bagian sirkulasi adalah kegiatan layanan yang menangani urusan peminjaman, pengembalian, pendaftaran keanggotaan perpustakaan, penentuan denda, pemesanan peminjaman bahan pustaka, penggerakan bahan pustaka yang selesai digunakan, pencatatan pemanfaatan koleksi/pembuatan statistik keterpakaian bahan pustaka. 

Layanan sirkulasi hampir ada di semua jenis perpustakaan yang menyelenggarakan kegiatan layanan karena layanan ini merupakan kegiatan utama penyelenggaraan layanan perpustakaan. Sering kali disebutkan bahwa layanan sirkulasi merupakan salah satu indikator utama keberhasilan suatu perpustakaan. Oleh karena dari kegiatan layanan ini maka dapat diketahui sejauh mana keterpakaian koleksi yang dimiliki perpustakaan digunakan oleh pemakainya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai keberhasilan sebuah perpustakaan dalam memenuhi berbagai kebutuhan informasi pemakainya, yaitu salah satunya dapat dilihat dari sejauh mana kegiatan layanan sirkulasi beraktivitas. Kesibukan yang terjadi di bagian sirkulasi mencerminkan bahwa perpustakaan tersebut sepenuhnya dipergunakan oleh pemakai. 

Tugas dan Kegiatan Layanan Sirkulasi Perpustakaan

Berikut adalah beberapa kegiatan atau tugas-tugas yang harus dilakukan oleh bagian sirkulasi, antara lain:
  1. Mengawasi koleksi yang keluar dari perpustakaan. Setiap koleksi yang akan keluar atau digunakan di luar ruang perpustakaan merupakan tanggung jawab bagian sirkulasi. Hal ini dimaksudkan untuk mengawasi keamanan atau pemantauan koleksi yang merupakan aset utama perpustakaan. 
  2. Pendaftaran anggota baru, perpanjangan keanggotaan, dan mengurus pengunduran diri keanggotaan dengan membuatkan surat bebas pinjam. 
  3. Mengurus peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan peminjaman bahan pustaka. 
  4. Mengurus pengenaan denda keterlambatan pengembalian bahan pustaka dan pembuatan kuitansi penerimaan denda. 
  5. Memperingatkan peminjam yang terlambat mengembalikan bahan pustaka baik melalui telepon atau membuat surat peringatan keterlambatan pengembalian. 
  6. Mencatat pesanan peminjaman anggota lain yang bermaksud meminjam bahan pustaka yang masih dalam status pinjam. 
  7. Mengawasi keutuhan koleksi, apabila mengalami kerusakan sebaiknya koleksi dikirim ke bagian perbaikan dan apabila kerusakan tersebut disebabkan oleh peminjam maka peminjam harus diperingatkan, atau disuruh mengganti koleksi yang rusak atau hilang. 
  8. Bertanggung jawab atas segala berkas peminjaman, seperti catatan peminjaman, berkas anggota, catatan penerimaan uang denda, uang penggantian buku hilang, dan daftar pengunjung. 
  9. Mengawasi urusan penitipan barang milik pengunjung perpustakaan 
  10. Mengembalikan koleksi yang telah selesai digunakan baik dipinjam atau dibaca di tempat ke jajaran koleksi (pengerakan/shelving). 
  11. Membuat statistik keterpakaian koleksi (koleksi dibaca, dipinjam, dan difotokopi) dan statistik pengunjung. 


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian dan Kegiatan Layanan Sirkulasi Perpustakaan"

  1. 1xbet korean【Malaysia】best live betting site【WG98.VIP】
    【 Walgosbet korean】best live betting site【Malaysia】best live betting site【WG98.VIP】⚡【WG98.VIP】⚡【Malaysia】best live www 1xbet com betting site【阅读全文】.

    ReplyDelete